and I'm feeling it would just be you, all of my life







Monday, September 19, 2011

Perpanjang SIM

done!!

Tahun ini (tepatnya besok) SIM dan KTP saya bakal expired. Nah ini dia sih emang salahnya suka menunda-nunda. Papa saya udah bilang dari minggu lalu suruh urus perpanjangan SIM (karena ini yang paling penting yah, kalo ga ada SIM ga bisa nyetir dong ya), tapi saya terlalu malas untuk mencari waktu karena harus ijin kantor kan (Papa saya bilang foto dllnya di Wijaya). 
Tadi pagi, saya inget lagi kalo besok SIM saya habis (iyah, besok ulangtahun! :D). Trus iseng deh saya tanya ke orang kantor, eeh katanya di Mal Artha Gading ada gerai SIM dan gampang sekali perpanjangnya. Hemm coba browsing sebentar, telfon Mal Artha Gading, akhirnya saya memutuskan untuk berangkat kesana dan urus sendiri. Karena sepertinya terdengar simple. Pengalaman pertama nih, ngurus beginian sendiri. Saya biasanya kalo udah menyangkut gini-ginian paling males deh ngurus sendiri, pasti mengandalkan orang lain, entah itu supir, atau orang kantor Mama or Papa. And yes, feel free to judge me.
Jam 10.20 saya sudah sampe di Gerai SIM - Mal Artha Gading. Dari kejauhan udah keliatan antrian cukup panjang, wahh udah mau bete aja tuh, males banget kan ngantri berdiri lama gitu. Ternyata itu gerai sebelahnya, sepertinya gerai STNK deh, saya juga ga ngeliat-liat lagi sih.
Dateng ke gerai SIM, langsung masuk aja ke meja pendaftaran. Diminta KTP dan SIM, KTP di-fotocopy mereka, dan SIM ditahan. Formnya ga perlu diisi-isi, cuman tandatangan aja plus kasih nomer HP (untuk kemudian dihubungi kalo setelah dipanggil berkali-kali tapi tak kunjung nongol). Trus dia bilang deh "fotonya jam 12 ya". Si tuan putri yang paling males nunggu ini "loh? kok lama amat sih jam 12?". Petugas bilang "iya, soalnya antriannya kira-kira sampe jam segitu mba". Walahh mau balik ke kantor ya nanggung, mau nunggu ya lama juga yah. Kalo jalan-jalan pasti mulut ini pengen mengunyah sesuatu (karena MAG sepanjang penglihatan saya tadi toko-tokonya cuman sedikit, kebanyakan makanan-makanan gitu), lah saya kan mau d-i-e-t jadi harus menahan sekuat tenaga yah. Yaudah deh saya tunggu aja kalo gitu. 
Sekitar jam 11.25 petugas keluar membawa formulir2 itu, dan memanggil orang satu persatu. Tujuannya adalah mengecek keberadaan orang-orang tersebut, untuk kemudian satu persatu dipanggilin buat foto dll. Eiya disini saya melihat beberapa orang yang antrinya tadi di belakang saya ternyata dipanggil masuk duluan. Tapi saya males protes yasudahlah toh masih dalam satu rombongan juga gitu ya. Lima menit kemudian saya dipanggil untuk foto, tanda tangan, dan cap jempol. Dua menit berikutnya pindah meja, trus jadi deh SIM-nya. Biayanya: Rp. 140.000. Tadinya bayar pake duit 150 ribu, tapi katanya nggak ada kembalian, pake uang pas saja. Untuung aja saya ada 40 ribu. Hahaha call me pelit, I really don't mind :D
Oiya, selain dapet SIM baru saya juga dapet Kartu Asuransi Kecelakaan Diri Pengemudi (AKDP) dari PT Asuransi Bhakti Bayangkara. Baru nih ya kayaknya, saya baru tau. Jadi sepertinya 140ribu itu udah termasuk biaya buat asuransi juga ya. Overall, saya cukup puas sih. Gak pernah kepikir sebelomnya saya bakal mengurus perpanjangan SIM sendiri tanpa minta bantuan orang lain. Ternyata nunggunya juga ga lama, gak ribet, gak mesti pake urat (saya udah negative thinking duluan tadinya, kirain pasti ribet dan mesti pake ngotot-ngototan nih), plus nunggunya nyaman karena duduk dan di ruangan ber-AC.
Meskipun tetep aja ya masih ada yang bisa dibenahi lagi sebenernya:
  1. Pake nomer antrian, biar lebih tertib, dan dipanggilnya sesuai antrian.
  2. Informasi dicantumkan jelas, mengenai biaya perpanjangan SIM. Karena yang ngantri bareng-bareng saya tadi juga ga ada yang tau berapa biayanya.
  3. Seperti layaknya orang yang membayar sesuatu, sudah sepantasnya ada bukti pembayaran.
  4. Jam kerja diperpanjang. Jam kerja resmi mulai jam 9 sampe jam 12. Di luar itu mereka terima untuk yang sudah mengantri foto, tapi paling lambar dateng jam 12 siang. Ya masa iyaaa kan jam kerjanya sependek itu.
Dari saya, hanya empat poin itu saja. Hebat kan, saya kan orangnya rese, berarti saya benar-benar tidak merasa kesulitan sama sekali kalo hanya empat poin itu yang diutarakan :D

Gerai SIM - Polda Metro Jaya
Mal Artha Gading Lt. 1
Jl. Boulevard Artha Gading Selatan No. 1
Biaya : Rp. 140.000 (termasuk asuransi)

No comments:

Post a Comment